Autoclave

Pengertian Autoclave

Autoklaf atau autoclave adalah alat yang berguna sebagai sterilisasi peralatan serta perlengkapan kedokteran. Cara yang digunakan adalah dengan menundukkan material pada uap tekanan tinggi yaitu suhu 121 derajat Celcius. Waktu yang dibutuhkan adalah 15 hingga 20 menit tergantung ukuran serta isi. Pengertian autoclave terbilang penting karena banyak digunakan dalam dunia kedokteran, mikrobiologi hingga seni tato dan tindik.

Alat ini sendiri diciptakan Charles Chamberland pada 1879. Nama autoclave berasal dari bahasa Yunani, yaitu auto yang artinya diri dan clavis yang berarti kunci atau perangkat self locking. Alat ini sendiri memiliki ukuran serta fungsi yang akan tergantung pada media yang hendak disterilkan. Pengertian autoclave dan fungsinya juga digunakan dalam penyembuhan komposit serta vulkanisasi karet.

Panas tinggi serta tekanan yang dihasilkan autoclave akan memungkinkan pemastian sifat fisik terbaik yang bisa dicapai. Industri kedirgantaraan serta sparmakers untuk perahu layar biasanya akan memiliki autoclave yang panjangnya mencapai 50 kaki. Dalam dunia kedokteran, autoclave umum digunakan dalam mensterilkan peralatan medis.

Aneka peralatan medis akan dapat disterilkan dari semua bakteri, jamur, virus serta spora yang sudah tidak aktif. Namun terdapat beberapa jenis prion serta organisme baru yang tak bisa dihancurkan bahkan oleh autoclave pada suhu 134 derajat Celcius.

Fungsi Autoclave

Fungsi autoclave guna menjamin sterilitas objek dalam dunia kedokteran juga turut ditemukan dalam aneka pengaturan medis serta laboratorium. Banyak prosedur yang telah menggunakan item sekali pakai dibanding sterilisasi, akan tetapi autoclave ini akan dapat digunakan kembali. Karena autoclave menggunakan uap panas, maka beberapa produk tahan panas termasuk plastik takkan dapat disterilkan menggunakan cara ini karena bisa meleleh.

Prinsip Kerja Autoclave

Berikut ini adalah penjelasan lengkap seputar prinsip kerja autoclave:

  1. Saat sumber panas mulai dinyalakan, air di dalam autoclave akan mulai mendidih
  2. Uap airnya kemudian mendesak udara yang mengisi di dalam autoclave
  3. Jika udara telah terganti uap air, katup udara atau katup uap akan ditutup sehingga tekanan di dalamnya semakin bertambah
  4. Saat tekanan telah mencapai suhu sesuai, proses sterilisasi dimulai dan timer akan mulai menghitung mundur
  5. Setelah proses selesai dijalankan, sumber panas akan langsung dimatikan dan tekakan akan kembali turun secara perlahan hingga suhunya mencapai nol derajat Celcius. Demikian cara kerja autoclave dalam mensterilkan aneka peralatan.

Demikian sedikit perkenalan mengenai autoklaf,pada postingan selanjutnya kita akan membahas bagian-bagian dan cara menggunakan autoclave dengan baik dan benar