SOP Penggunaan Laminar Air Flow

 

LAMINAR AIR FLOW

Laminar Air Flow (LAF) adalah meja kerja steril yang bekerja dengan cara meniupkan udara steril secara kontinue melewati tempat kerja sehingga tempat kerja bebas dari, debu dan spora-spora. LAF juga digunakan dalam proses kultur jaringan tumbuhan/tanaman. Aliran udara berasal dari udara ruangan yang ditarik ke dalam alat melalui filter pertama (pre-filter), yang kemudian ditiupkan keluar melalui filter yang sangat halus yang disebut HEPA (High efficiency Particulate Air Filter), dengan menggunakan blower. Alat Laminar Air Flow ada yang dilengkapi dengan lampu UV dan ada yang tidak.

Pre-filter menggunakan saringan pertama untuk debu dan benda kasar. Memiliki pori-pori sekitar 5 µm hingga 95 µm. Pre filter ini harus cukup sering dibersihkan menggunakan vakum cleaner dan ganti dalamnya sekali dalam 1 tahun. Sedangkan HEPA filter memiliki bidang untuk keluar udara menuju permukaan atau bagian tempat kerja dengan ukuran pori-pori mencapai 0.3µm. HEPA dapat diganti setelah melalui pemeriksaan dengan alat magnehelic gauge. Biasanya HEPA filter perlu diganti setelah sekitar 5 tahun penggunaan.

PERBEDAAN LAMINAR AIR FLOW DAN BIOSAFETY CABINET

biosaety cabinet VS laminar air flow, perbedaan utamanya adalah pada biosafety cabinet, udara dari meja kerja yang mungkin terkontaminasi material uji tidak boleh keluar ke ruangan. jadi selain memproteksi material uji dari udara kotor, biosaferty cabinet juga harus memproteksi ruangan dari udara bekas di meja kerja.

PROSEDUR KERJA LAMINAR AIR FLOW:

  1. Nyalakan lampu UV, minimum selama 30 menit, sebelum laminar air flow digunakan. Hindarkan sinarnya dari mata. 
  2. Siapkan semua alat-alat steril yang akan dipergunakan. Alat-alat yang dimasukkan ke dlam laminar air flow cabinet, disemprot terlebih dahulu dengan alcohol 70% atau spiritus. 
  3. Meja dan dinding dalam LAF disemprot dengan alkohol 70% atau dengan spiritus untuk mensterilkan LAF. 
  4. Blower pada LAF dihidupkan untuk menjalankan air flow. 
  5. Nyalakan lampu dalam LAF. 
  6. LAF sudah siap untuk digunakan.
 
Jika anda sedang mencari produk Laminar Air Flow, Enkas, Lemari Asam, atau Biosafety Cabinet silakan kontak Kami